Monascus Group, Puslit Bioteknologi-LIPI

Monascus Group adalah salah satu kelompok penelitian yang berada dibawah Bidang Bioproses – Puslit Bioteknologi-LIPI, dimana bidang keilmuan yang mendasari kelompok ini adalah Teknologi Fermentasi, Kimia dan Farmasi. Kelompok penelitian ini memiliki fokus kegiatan pada pengembangan produk farmasi (obat tradisional) atau suplemen yang memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol darah melalui pemanfaatan proses fermentasi.

Nama Monascus diambil dari nama genus kapang yang digunakan oleh kelompok ini dalam memproduksi senyawa aktif berkhasiat menghambat laju sintesis kolesterol di hati, yaitu senyawa monakolin K. Monakolin K adalah salah satu kandungan dari monascus powder yang digunakan sebagai bahan utama atau bahan aktif dari formulasi sediaan farmasi yang dikembangkan oleh kelompok ini.

Sesuai dengan fokus kegiatannya yaitu mengembangkan produk berupa sediaan farmasi atau suplemen kesehatan, kelompok ini lebih banyak bergerak pada bagian hilir dari suatu proses penelitian, dimana target luaran yang diharapkannya adalah kemitraan dengan industri.

Untuk melaksanakan kegiatan penelitian, kami ditunjang oleh fasilitas yang cukup memadai yang tersedia di Puslit Bioteknologi-LIPI, termasuk fasilitas khusus untuk kelompok seperti alat-alat untuk proses kapsulasi, mesin giling, ruang inkubasi, lemari pengering, oven, shaker, evaporator vacuum, timbangan dan lain-lain.

Kelompok penelitian ini beranggotakan :

  1. Drs. Djadjat Tisnadjaja, M.Tech. alumni dari Department of Process and Environmental Technology, Massey University, New Zealand
  2. Ai Hertati, S.Si., Apt., alumni dari Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran, Bandung
  3. Nurlaili Ekawati, Amd., alumni dari Jurusan Kimia, F. MIPA, Institut Pertanian Bogor
  4. Herman Irawan, S.Si., alumni dari Jurusan Kimia, F.MIPA, Universitas Nusa Bangsa, Bogor.

Dan dibantu oleh tenaga honorer:

  1. Lisa Inawati, S.Si., alumni dari Jurusan Farmasi, F.MIPA, Universitas Pakuan, Bogor.
  2. Aidha Asriyani, mahasiswi program S1 kimia, F.MIPA, Universitas Nusa Bangsa, Bogor.
  3. Sobri, sebagai tenaga laboran.
Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: